Upaya Mewujudkan Masyarakat yang Taat Beragama, Kemenag Pangkalpinang Gelar Wisuda Santri TPQ

PANGKALPINANG,PERKARANEWS — Pelaksanaan wisuda santri merupakan implementasi dari cita-cita serta pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama yang selalu digaungkan dalam mars Kemenag, yakni mewujudkan masyarakat taat beragama.

Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari Utsman bin Affan, “Khoirukum man ta’allamal qur-aana wa ‘allamah“, yang artinya: sebaik-baik diantara kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. Dalam Hadits ini, Rasulullah SAW menjelaskan pentingnya mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya kepada orang lain, sehingga dapat mencapai derajat sebagai sebaik-baiknya manusia.

Demikian disampaikan H. Firmantasi, S.Ag., M.H., Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang dalam sambutannya pada acara Wisuda Santri Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) ke-XIV dengan tema “Meraih Prestasi, Menyongsong Generasi Qur’ani Masa Depan yang Gemilang” di Gedung Serbaguna Asrama Haji Bangka Belitung, Selasa (11/6/2024).

“Kita patut bersyukur di daerah Kota Pangkalpinang ini, keberadaan dan perkembangan Taman Pendidikan Qur’an cukup banyak dan relatif maju. Dan Kemenag akan terus berupaya membina semua lembaga yang ada dalam pelaksanaan fungsinya mewujudkan ketaatan beragama umat,” tuturnya.

Dalam upaya tersebut, lanjutnya, Kemenag Kota Pangkalpinang pun terus meningkatkan kualitas seluruh lembaga dan para santri dengan menetapkan standar mutu lulusan, dimana hanya santri-santri yang memiliki kemampuan mumpuni lah yang dinyatakan lulus dalam ujian munaqosah.

“Setelah wisuda ini, perjalanan para santri belumlah selesai, masih ada rangkaian pendidikan pada jenjang-jenjang selanjutnya. Dan kita harus terus mendorong mereka untuk tetap bersemangat mengikuti pendidikan berbasis keagamaan ini sehingga dapat menjadi bekal dan bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhiratnya,” pesannya.

Kepada para ustadz/ustadzah TPQ pun beliau berpesan agar dapat selalu Istiqomah dalam mengajar dan mendidik para santri walaupun di tengah keterbatasan. Seraya mendoakan agar perjuangan mereka dalam mencetak generasi Qur’ani dapat menjadi amal jariyah yang dibalas dengan ganjaran pahala berlipat ganda dari Allah SWT.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *