Pemkab Bangka Tengah Siap Berkontribusi Eliminasi Kemiskinan dan Stunting Melalui Rampak Gemintang

BANGKA BARAT,PERKARANEWS – Sebagai upaya percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) meluncurkan Program ‘Gerakan Serempak Guna Eliminasi Kemiskinan dan Stunting Bangka Belitung’ (Rampak Gemintang) di SD Negeri 17 Kecamatan Tempilang, Bangka Barat, Senin (20/05/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Safrizal ZA, meresmikan secara langsung Rampak Gemintang yang ditandai dengan pemukulan gong didampingi Ketua TP-PKK Babel, Jajaran Forkopimda Babel, dan Kepala Daerah/perwakilan se-Babel.

Pj Gubernur dalam sambutannya menuturkan bahwa program ini dilakukan sebagai upaya implementasi penurunan angka stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem yang holistik, integratif, dan berkualitas, melalui koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi antara pemangku kepentingan di Babel.

“Rampak Gemintang hakekatnya merefleksikan keseluruhan program maupun kegiatan perangkat daerah yang bersinggungan dengan penurunan angka stunting dan pengentasan kemiskinan. Pendekatan ini berakar kuat pada kultur dan kearifan komunal masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dilanjutkan Safrizal, selain melakukan peluncuran program Rampak Gemintang, Ia mengatakan pada kegiatan ini juga dilaksanakan pemberian makanan tambahan melalui rumah pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), pemberian tablet penambah darah, pembangunan jamban sehat dan rutilahu, pemberian bansos Usaha Ekonomi Produktif (UEP), rehabilitasi rutilahu, serta pemberian paket ‘Gemar Ikan’.

Ia berharap, seluruh Kepala Daerah dan jajaran terkait dapat berkolaborasi dalam memprioritaskan percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem yang ada di Babel.

“Setiap bupati dan wali kota, TNI/Polri, seluruh instansi vertikal, dan para pelaku usaha harus bisa bekerja sama dalam menyukseskan Program Rampak Gemintang ini,” serunya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Bangka Tengah (Bateng), Era Susanto menyatakan kesiapan Pemkab Bateng dalam menyukseskan program Rampak Gemintang ini.

“Tentu kita dari Bangka Tengah siap untuk bergerak bersama sesuai dengan instruksi Pak Pj Gubernur tadi agar fokus kita semua tertuju dalam penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem di daerah kita agar tujuan bersama tercapai,” ucap Era.

Ia menegaskan, Pemkab Bateng akan berkomitmen menyelaraskan program yang ada agar bisa turut diimplementasikan di Bangka Tengah sehingga bisa berperan aktif dalam penurunan angka stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem di Babel.

“Pemkab Bateng akan berupaya memberikan kolaborasi terbaik sehingga mampu menyumbang penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem yang cukup signifikan sehingga akan berdampak juga untuk hasil yang baik bagi Provinsi Babel,” ujarnya.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *