Pemkab Bangka Resmi Workshop Koreografi DKB

SUNGAILIAT,PERKARANEWS — Pemerintah Kabupaten Bangka (Pemkab Bangka) yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Boy Yandra membuka workshop koreografi yang mendatangkan Maestro Muda tanah air koreografer ‘Ksatria Group juara Indonesia Mencari Bakat Bathara Saverigadi Dewandor” berlangsung di hotel manunggal Sungailiat, Selasa (27/2/2024).

“Kegiatan ini sangat bagus dan saya harap peserta ikuti dengan serius dan Pemkab Bangka akan menduskung Dewan Kesenian menfgelar kegiatan seperti ini, bila perlu nanti anggarannya ditambah, saya akan sampaikan kepada Pak Pj. Bupati nanti,” kata Boy Yandra.

Turut hadir dalam pembukaan Workshop Koreografi DKB Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna, dalam kesempatan tersebut Wira menyampaikan apresiasi kepada DKB yang telah membangun kerjasama dengan Disparbud melalui Bidang Kebudayaan Sub. Kesenian.

“Narasumber yang di datangkan ini adalah narasumber yang luar biasa, walau usianya masih muda namun segudang prestasi yang telah diraih, saya berharap peserta serius mengikuti dan menjadikan ini motivasi dalam berkarya kedepan. Terimakasih DKB dan Bidang Kebudayaan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Ketua Dewan Kesenian Bangka, Wandasona Alhamd menyampaikan harapannya agar sanggar-sanggar yang menjadi peserta betul-betul mengikuti memanfaatkan momen pelatihan koreografi ini sebaik-baiknya.

“Kemarin kita sudah melihag langaung bagaimana gerak taradisi Tarri Kedidi di Mendo dan Dincak Dambus, Cakter melalui video bersama Narasumbernya. Evoria seperti ini sudah lama tidak kita rasakan dan alhamdulillah hari ini dapat terlaksana kembali berkat dukungan dari Pemkab Bangka, Disparbud Bangka dan pihak-pihak yang peduli dengan kesenian Tari daerah Bangka. Mudah-mudahan juga wakil dari sanggar-sanggar peserta ini betul-betul merefresentasikan Sanggarnya masing sehingga bisa diterapkan hasilnya nanti di sanggar tempat mereka bernaung,” ungkapnya.

Workshop Koreografi Dewan Kesenian Bangka Berlangaung selama 2 hari 27 -28 Februati 2024. Di hari kedua para peserta Workshop Koreografi akan menampilkan hasil workshop di gedung juang Sungailiat Pukul 19.30 wib yang juga di ikuti dengan penampilan special Narasumber.

Sedangkan pada hari pertama ini para peserta Workshop Koreografi diberikan materi tentang tekhnik koreografi.

“Bagaimana teman-teman itu menciptakan gerak dengan metode Alfabet atau menciptakan gerak dari huruf – huruf terus pose by pose dan mengamati bentuk benda karena sering kali terjadi koreografi itu mandek menciptakan gerak dan bingung. Selain itu bagaimana mempelajari ritme dari musik artinya tidak selalu tempo yang ada di musik itu diikuti berdasarkan tempo dasarnya tetapi bisa bermacam-macam sehingga dinamikanya tercipta,” kata Bathara. (Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *