Sah…., Cabor Beladiri Hapkindo Indonesia Resmi Menjadi Anggota KONI Kota Pangkalpinang

Pangkalpinang, PerkaraNews.com – Cabang Olahraga (Cabor) beladiri Hapkindo Indonesia (HI) Kota Pangkalpinang resmi ditetapkan sebagai keanggotaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pangkalpinang.

Penetapan tersebut disahkan melalui Rapat Kerja Kota (Rakerkot) KONI Kota Pangkalpinang yang berlangsung pada Sabtu (21/01/23) di Sun Hotel Pangkalpinang, dan dihadiri oleh seluruh perwakilan Cabang Olahraga (Cabor).

Ketua Hapkido Indonesia (HI) Kota Pangkalpinang, Septa Surya Shandy di kesempatan itu mengucapkan banyak terimakasih atas dukungannya sehingga Pengcab Hapkido Kota Pangkalpinang bisa bergabung sebagai keanggotaan KONI Kota Pangkalpinang.

“Terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak terkhusus kepada semua pengurus cabang olahraga yang tergabung di KONI Kota Pangkalpinang atas support serta dukungan sehingga Hapkido Kota Pangkalpinang bisa bergabung sebagai anggota KONI Kota Pangkalpinang,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Lanjut dia menyampaikan, disahkannya Cabor beladiri Hapkindo Indonesia (HI) Kota Pangkalpinang sebagai keanggotaan KONI tentunya akan membawa semangat baru bagi kepengurusan Hapkido Kota Pangkalpinang.

Bahkan kata dia, Hapkido Kota Pangkalpinang siap memunculkan bibit-bibit atlit bela diri yang kompeten.

Sementara itu, Soni yang bernaung sebagai pelatih Hapkido Kota Pangkalpinang menjelaskan bahwa Hapkido sendiri merupakan salah satu beladiri yang berasal dari Korea di samping Taekwondo.

Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Tehnik dalam Hapkido meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus serta latihan senjata.

Hapkido juga ada penggunaan senjata tradisional termasuk pisau, pedang, tali, nunchaku,kipas, tongkat, dan tongkat pendek yang dapat digunakan sesuai keperluan.

Hapkido berisikan teknik pertarungan jarak dekat dan jarak panjang memanfaatkan tendangan sambil meloncat, serangan tangan, lemparan, kuncian, dan serangan pada titik jalan maupun titik saraf pada manusia.

“Hapkido merupakan bela diri yang sangat menarik karena mencakup hampir semua jenis bela diri di dalamnya, Hapkido memiliki 3 prinsip yaitu Hwa (Harmonis) Won (Melingkar) dan Yu (Mengalir) yang mengartikan bahwa Hapkido adalah seni bela diri yang mengalirkan kekuatan lawan dan tidak melawan kekerasan dengan kekerasan,” katanya

Ditempat terpisah Ketua Pengda Hapkido Provinsi Bangka Belitung , Supartono, M.Pd. mengucapkan selamat kepada kepengurusan Hapkido Pangkalpinang yang telah diterima sebagai anggota KONI pangkalpinang.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada KONI Pangkalpinang yang telah bersedia menerima Pengcab Hapkido sebagai anggota KONI pangkalpinang.

“Kita berharap dengan bergabungnya Pengcab Hapkido di Kota Pangkalpinang dapat bersinergi dengan Pengurus Daerah Hapkido Babel terutama dalam pengembangan Hapkido dalam meraih prestasi khususnya di Pangkalpinang dan Provinsi Bangka belitung pada umumnya,” tutup dia. (R5/RLS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *