Pembelajaran di Polman Babel : Perkuliahan Teori dan Perkuliahan Praktik

SUNGAILIAT,PERKARANEWS – Aktivitas perkuliahan pembelajaran mata kuliah praktik di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, terlihat mahasiswa sangat semangat dan berkompenten dalam menggunakan alat praktik kerja bangku, Senin (1/7/2024).

Dapat diketahui, bagi lulusan kampus Polman Babel sejatinya tidak hanya melakukan pembelajaran perkuliahan teorinya saja. Namun dengan mendapatkan pembelajaran praktik di perkuliahan, saat mereka lulus nanti bisa membuka lapangan pekerjaan usaha sendiri ketika tidak dapat bekerja di perusahaan maupun instansi lainnya.

Maka dari itu prinsip pembelajaran perkuliahan praktik sangat menyenangkan terjadi di kampus Polman Babel. Mahasiswa tidak hanya duduk di dalam kelas teori saja namun bisa langsung praktik. Di mana bukan hanya ajang mengekspresikan diri tetapi juga membekali untuk turun ke industri.

Hal ini, terlihat mahasiswa sedang dalam pembelajaran perkuliahan praktik kerja bangku nampak sibuk kegunanya untuk mengikir permukaan, ragum untuk menjepit benda kerja, penitik untuk menandai benda kerja, penggores untuk melukis benda keras, mistar baja untuk mengukur, gergaji untuk memotong, dan pahat untuk membuat celah dan melubangi benda kerja.

Bacaan Lainnya

Selaku Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), Danny Abie Ariestio, S.S.T. menjelaskan mata kuliah ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk melatih kedisiplinan, keterampilan, ketelitian, keuletan dan tanggung jawab mahasiswa dalam menggunakan perkakas tangan,” imbuhnya.

“Kunci keberhasilan mahasiswa dalam mata kuliah ini, harus mampu memahami metode-metode praktik secara baik untuk mengenai proses pemakaian dan hasil kerja bangku,” kata Abi disaat mengawasi mahasiswa yang sedang praktik.

Pada kesempatan itu, sebagai mahasiswa sarjana terapan Prodi Teknik Mesin dan Manufaktur, Aidil Pratama mengungkapkan bahwa perkuliahan praktik ini sangat bermanfaat untuk melatih interpersonal skill dilapangan, sehingga suatu saat nanti jika kami bekerja di perusahaan industri, dengan keahlian yang kami dapat pada saat kuliah ini, bisa diterapkan saat bekerja nantinya,” tegasnya.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *