Tanjung Berikat Destinasi Wisata Kebanggaan Bangka Tengah Luluh Lantak Akibat Pengerukan Pasir Ilegal

BANGKA TENGAH,PERKARANEWS – Maraknya aktivitas tambang timah ilegal di kawasan wisata pantai Tanjung Berikat, Desa Batu Beriga, Kabupaten Bangka Tengah terkesan luput dari perhatian pemerintah.

Warga Desa Batu Beriga menyampaikan bahwa aktivitas tambang timah ilegal tersebut beroperasi di kawasan wisata pantai Tanjung Berikat. Hal tersebut sangat berdampak buruk terhadap objek wisata Kabupaten Bangka Tengah serta kepada masyarakat Desa Batu Beriga khususnya.

“Maraknya aktivitas tambang timah ilegal tersebut sangat meresahkan masyarakat desa Batu Beriga. Mereka hanya merusak objek wisata tanpa memikirkan dampak jangka panjang,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Masyarakat Desa Batu Beriga sudah beberapa kali melaporkan kepada APH sekitar, namun terkesan tutup mata dan hingga saat ini tidak ada tindak lanjut. Lebih lanjut, masyarakat juga menduga adanya keterlibatan Oknum APH pada operasi tambang timah ilegal tersebut.

“Kami masyarakat Desa Batu Beriga sudah melaporkan kepada pihak APH sekitar, tapi sampai saat ini kegiatan tambang timah ilegal tersebut tetap beroperasi,” pungkasnya.

Lokasi tambang timah tersebut berstatus Hutan Lindung (HL) Pantai, namun ada pihak yang mengaku sebagai pemilik lahan. Menindaklanjuti hal tersebut, telah dilakukan pemeriksaan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP), namun hingga saat ini juga belum ada tindak lanjut sehingga adanya aktivitas tambang pasir pantai yang disinyalir mengandung unsur logam tanah jarang di wilayah tersebut.

“Untuk lokasi pantai tersebut berstatus HL, namun ada masyarakat yang mengklaim bahwa lahan tersebut merupakan lahan miliknya. Sudah di lakukan pemanggilan oleh KPHP namun belum ada tindak lanjut,” tutup nya.(Ivan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar