Bawaslu Bangka Tindak Lanjuti Laporan Caleg DPRD Babel

BANGKA,PERKARANEWS — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Bawaslu Kabupaten Bangka memproses laporan dugaan kecurangan penggelembungan suara ataupun penggembosan suara pemilihan legislatif terhadap Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung Daerah Pilih (Dapil) Bangka.

Berkas laporan segera dilimpahkan ke forum Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Sudah kita tindaklanjuti dari kajian awal materil dan formil sudah terpenuhi” Kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti, Jumat (1/3/2024).

Sugesti mengatakan laporan tersebut akan ditindak lanjuti, selanjutnya laporan  tersebut akan ditangani oleh sentra  Gakkumdu Kabupaten Bangka.

Bacaan Lainnya

“Atas Laporan saudara terkait dengan dugaan pengembosan dan penggelembungan suara di beberapa Kecamatan akan kami proses sesuai dengan mekanisme Penanganan Pelanggaran dengan melakukan Klarifikasi pada beberapa pihak untuk pembuktian,” ujarnya

Diketahui, sebelumnya Bawaslu Kabupaten Bangka menerima  laporan salah satu Caleg DPRD Provinsi Bangka Belitung Dapil 6 atau Dapil Kabupaten Bangka, Andi Kusuma, pada Selasa (27/2/2024), melaporkan dugaan kecurangan pada pelaksanaan Pemilu 2024, dimana terjadi Penggelembungan dan Penggembosan suara di 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka.

Dalam laporan tersebut diduga kecurangan dilakukan oleh Oknum saksi partai dan Oknum KPPS yang terjadi di beberapa TPS yang ada di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Belinyu, Puding Besar dan Mendo Barat.

“Kami Menduga kecurangan ini dilakukan oleh oknum saksi partai dan okum KPPS di beberapa TPS  Kecamatan Belinyu, Puding besar maupun Mendobarat. Mungkin atas laporan pagi ini berharap pihak Bawaslu Kabupaten Bangka bisa menindak lanjuti dengan laporan serta pembuktian dan keterangan saksi yang kami miliki agar penegakan hukum bisa dilakuan secara objektif dan juga penyelanggara pemilu berjalan dengan baik,” kata Andi Kusuma Caleg DPRD Provinsi Bangka Belitung Dapil 6, Kabupaten Bangka. (Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

55 Komentar

  1. What i don’t realize is in fact how you’re no longer actually a lot more neatly-favored than you might be now. You’re so intelligent. You know therefore significantly in the case of this subject, made me in my opinion believe it from a lot of numerous angles. Its like men and women are not fascinated unless it is one thing to do with Lady gaga! Your individual stuffs outstanding. Always care for it up!

  2. Excellent post. I was checking continuously this blog and I’m impressed! Extremely useful information specially the last part 🙂 I care for such information a lot. I was looking for this particular information for a very long time. Thank you and good luck.

  3. I’m extremely impressed along with your writing talents and also with the structure to your weblog. Is this a paid subject matter or did you modify it your self? Either way stay up the excellent high quality writing, it’s rare to look a great weblog like this one these days..