Momen Maulid Nabi Muhammad SAW, Pj Gubernur Sugito “Makan Bedulang” Bersama Masyarakat Desa Kemuja

PANGKALPINANG,PERKARANEWS – Memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1446 H, Pj Gubernur Sugito didampingi Pj Ketua TP PKK Dya Sugito merayakannya bersama masyarakat Desa Kemuja di Masjid Rahmattudin Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka pada Senin,(16/9/2024).

“Kegiatan ini menurut saya harus diajarkan pada generasi selanjutnya dan jangan sampai generasi kedepan lupa akan tradisi ini,” ujar Pj Gubernur Sugito.

Ia juga menyebutkan acara seperti ini dari sisi spiritual tentu bagus karena dapat memberikan refleksi bagaimana kita bertauladan kepada Nabi Muhammad SAW.

Ditambahkannya, hal ini sekaligus juga untuk menanamkan nilai-nilai yang ada, seperti nilai kekeluargaan, gotong royong, saling bahu membahu, saling membantu dan terus saling mengingatkan untuk melakukan kebaikan.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan tradisi yang harus dilestarikan dan dibudayakan karena ini juga merupakan sebuah media dalam pembinaan ukhuwah islamiyah sekaligus pembinaan budaya tadi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Sugito bersama masyarakat Desa Kemuja menyempatkan “Makan Bedulang” atau makan di atas dulang (nampan) yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu tradisi perayaan pada saat hari besar keagamaan.

Menurut Sugito, hal menarik dari acara ini, pertama, kegiatan ini sangat bernilai inspiratif. Kedua, terlepas dari kesibukan individual masing-masing, masih tetap berkumpul bersama-sama karena adanya acara ini. Ketiga, makan di dulang, setiap dulang ada 5 piring yang di yakininya ada makna dan nilai tersendiri.

“Secara pragmatis, kita juga makan bersama di satu lantai yang sama dimana semuanya rata, tidak ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah. Tokoh masyrakat, tokoh agama, siapapun itu semua dipersatukan oleh dulang-dulang yang ada” katanya.

Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini dihadiri Pj Bupati Bangka, berbagai tokoh masyarakat, Ketua MUI Prov.Kep. Babel ,Kepala Biro Umum Prov.Kep. Babel serta pemerintah daerah setempat. (Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *