Polres Bangka Tengah Gelar Apel Mantap Praja Menumbing 2024, Kawal Pilkada Serentak

PANGKALPINANG,PERKARANEWS – Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Menumbing 2024 di Kabupaten Bangka Tengah digelar di halaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Jumat (23/08/2024) pagi.

Apel gabungan sebagai persiapan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 dipimpin oleh Kapolres Bangka Tengah, AKBP Pradana Aditya Nugraha dan dikomandoi oleh IPTU Riki Ahlim Budiman.

“Kesiapan yang kita laksanakan (berupa) apel gelar pasukan pada pagi ini, kemudian nanti malam dimulai pukul 00.00 wib terhitung 24 Agustus, sudah melaksanakan Operasi Mantap Praja Menumbing 2024. Operasi ini akan berlangsung selama 115 hari mulai 24 Agustus hingga 16 Desember 2024,” ujar Kapolres Bangka Tengah.

Apel gelar pasukan adalah pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana Mantap Praja Menumbing 2024 sehingga Pilkada Serentak 2024 terselenggara dengan aman dan lancar. Menurut AKBP Aditya, Pilkada tahun 2024 ini memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dalam rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Bacaan Lainnya

“Untuk wilayah rawan di Bangka Tengah sendiri saat ini terindentifikasi di tiga lokasi rawan geografis. Namun kami melakukan mitigasi segala risiko dengan tetap bekerja sama, berkoordinasi, dan berkomunikasi dengan unsur penyelenggara KPU dan Bawaslu,” sebutnya saat disinggung terkait lokasi yang rawan di Bangka Tengah.

Pada kesempatan ini juga, Kapolres mengajak Bupati dan Forkopimda melakukan pengecekan pasukan apel untuk melihat kesiapan personel dan kesiapan perlengkapan lainnya.

Sementara itu, terkait pelaksanaan apel gabungan ini, Bupati Bangka Tengah menyatakan kesiapan dan keikutsertaan Pemerintah Daerah melakukan tahapan Pilkada Serentak 2024.

“Kami optimis semua bisa berjalan dengan baik. Kehadiran dari TNI, Polri dan Pemerintah Daerah di sini untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 agar bisa berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan tahapan-tahapan yang sudah disiapkan,” ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman.

Ia menekankan, segala sesuatu perlu dikoordinasikan. Kalau ada hal-hal yang mencurigakan, berakibat fatal dalam sebuah kegiatan, diharapkan segera berkoordinasi dengan pihak terkait seperti TNI, Polri, atau Pemerintah Desa.

“Saya himbau kepada masyarakat agar bisa mematuhi peraturan yang ada terutama dalam Pilkada 2024 ini agar semuanya bisa berjalan di koridor yang tepat. Selaku pelaksana, saya yakin KPU, Bawaslu didampingi TNI, Polri ingin Pilkada Serentak ini berjalan lancar, sesuai dengan aturan dan kita dapat menyaksikan siapa pun yang terpilih itu adalah pilihan masyarakat,” ungkap Algafry.

Apel gabungan ini berlangsung tertib dan lancar dengan peserta personel Polres Bangka Tengah, diikuti oleh personel TNI, Satpol-PP, BPBD, Linmas, serta Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Ketua Partai Politik se-Kabupaten Bangka Tengah, para Asisten dan para Kepala OPD/perwakilan, dan tamu undangan lainnya.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *