DPRD Babel Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023, Pj Gubernur Safrizal Berikan Apresiasi

PANGKALPINANG,PERKARANEWS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) mengenai Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 yang di ajukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD Babel, Rabu (31/7/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Safrizal ZA menyampaikan apresiasi kepada DPRD Babel atas persetujuan Ranperda ini. Ia juga mengakui adanya beberapa catatan dan masukan dari DPRD yang akan ditindaklanjuti oleh Pemprov Babel.

“Telah disetujui oleh semua Fraksi untuk disahkan sebagai Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023 dengan catatan-catatan dan sebagian pandangan umum terhadap beberapa isu yang dikemukakan oleh Anggota Dewan,” papar Pj Gubernur Safrizal ditemui usai Rapat Paripurna.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dikatakannya, secara umum saran yang disampaikan beberapa Fraksi, antara lain agar seluruh OPD lebih bekerja keras kedepannya dan segera menyiapkan pengisian jabatan Kepala OPD yang masih kosong agar kinerja pemerintah lebih optimal.

“Catatannya tentu akan kami tindak lanjuti, dan akan kami masukkan program di tahun 2025 kalau ternyata itu harus masuk program maka akan dianggarkan. Misalnya, minta penambahan ruangan sekolah,” jelas Safrizal.

Selain itu, terkait adanya laporan masyarakat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dirinya juga akan langsung meminta Inspektorat untuk memeriksa laporan tersebut apabila terindikasi terdapat potensi kecurangan.

“Bagi saya keadilan itu penting dan saya akan tindak lanjuti semua laporan asal sesuai dengan indikator,” tegasnya.

Sebelumnya, dalam Rapat Paripurna tersebut, setiap fraksi menyampaikan saran dan  pendapat akhir lewat dokumen yang dibacakan oleh masing-masing juru bicara fraksi, dan menyatakan untuk menerima dan menyetujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023 untuk di tetapkan menjadi Perda.

Wakil Ketua DPRD Heryawandi ini mengatakan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti dengan membahas dan mengkaji secara mendalam.

“Serangkaian pertemuan dilakukan antar komisi di DPRD dengan seluruh perangkat daerah guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan atas pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2023 hingga pengambilan keputusannya dapat di Paripurnakan hari ini,“ ujarnya.

Rapat Paripurna ini juga dihadiri Forkopimda Babel, Pj Sekretaris Daerah Babel, dan pimpinan OPD beserta jajaran di Lingkungan Pemprov Babel.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. I simply could not go away your web site prior to suggesting that I really enjoyed the standard info a person supply on your guests Is going to be back incessantly to investigate crosscheck new posts