Kemenag Pangkalpinang Melalui Pengawas Madrasah Jadi Narasumber Dalam Kegiatan Matsama

PANGKALPINANG,PERKARANEWS — Pengawas madrasah Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Drs. Samsul Bahri, M.Pd., menjadi narasumber dalam kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) di MTs Baitul Muhtadin, Tua Tunu, pada Selasa (16/7/2024).

Kegiatan ini didampingi oleh ketua Yayasan Hamzah Suhaimi dan Kepala Madrasah, Makrufah, S.Pd.I.

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) merupakan suatu kegiatan di mana siswa baru mengenal guru, teman-teman dan lingkungan belajar yang di mana nantinya siswa baru akan menjadi bagian dari warga madrasah di MTs Baitul Muhtadin. Penanaman karakter pada moderasi beragama; seperti keimanan dan ketaqwaan, cinta tanah air, kepedulian sosial, kecerdasan dan keterampilan.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tersebut Drs. Samsul Bahri, M.Pd., mengisi materi tentang cara belajar dan tata tertib madrasah. Dalam pemaparannya dia menyebutkan cara belajar dan tata tertib madrasah dimaksudkan untuk rambu-rambu bagi peserta didik dalam bersikap dan bertingkah laku, berucap, bertindak dan melaksanakan kegiatan sehari-hari di madrasah dalam rangka menciptakan iklim dan kultur madrasah yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif.

Dia juga mengungkapkan bahwa tata tertib madrasah dibuat berdasarkan nilai-nilai yang dianut madrasah dan masyarakat sekitar, yang meliputi nilai ketaqwaan, sopan santun pergaulan, kedisiplinan dan ketertiban, kebersihan, kesehatan, kerapian, keamanan, dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Apabila para siswa dan semua warga madrasah dapat mematuhi peraturan yang telah ditetapkan pasti kegiatan pembelajaran akan terasa menyenangkan. Sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Selain itu, para siswa juga akan mendapatkan metode belajar yang efektif dan menyenangkan agar mereka tidak cepat bosan dalam belajar,” ungkapnya.

Terakhir dia berharap hendaknya para siswa dapat mematuhi ketentuan berupa peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak madrasah. Namun tidak hanya para siswa, para guru juga diharapkan dapat mendidik siswanya untuk memiliki karakter yang baik, disiplin, bermoral dan berakhlak mulia, salah satunya dengan cara menjadi teladan bagi siswanya.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. you are in reality a good webmaster The website loading velocity is amazing It sort of feels that youre doing any distinctive trick Also The contents are masterwork you have done a fantastic job in this topic