Kemenag Pangkalpinang Melalalui Seksi Penmad, Pantau Pelaksanaan Simulasi KSM Online

PANGKALPINANG,PERKARANEWS — Simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kota diselenggarakan di MTs Negeri 1 Pangkalpinang pada hari ini, Sabtu (29/6/2024). Simulasi KSM ini dilaksanakan secara online.

Simulasi ini merupakan persiapan sebelum pelaksanaan KSM yang akan berlangsung pada Senin, 1 Juli 2024 hingga 3 Juli 2024. Dalam KSM tahun ini, mata pelajaran yang dilombakan mencakup Matematika, Fisika, Ekonomi, Geografi, Biologi, dan Kimia yang terintegrasi.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah yang diselenggarakan sejak tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional, sementara pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Bacaan Lainnya

Peserta KSM terdiri dari siswa-siswi tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) yang berada di lingkungan Kementerian Agama Kota Pangkalpinang.

Menurut Abdul Halim, S.H.I., M.H., Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Pangkalpinang yang ikut memantau pelaksanaan kegiatan tersebut mengatakan bahwa simulasi yang dilaksanakan bertujuan untuk memastikan kesiapan teknis dan mental peserta sebelum menghadapi kompetisi yang sesungguhnya. Dengan adanya simulasi ini, diharapkan peserta dapat lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan yang akan mereka hadapi dalam KSM.

“Pelaksanaan simulasi mulai dilaksanakan kemarin (Jumat) yang mana pesertanya untuk tingkat MA, hari ini untuk tingkat MTs, dan besok untuk tingkat MI,” jelasnya.

Selain itu dia mengatakan bahwa tidak hanya peserta dari lingkungan madrasah yang ikut dalam kompetisi ini, tetapi juga ada siswa dari tingkat SMA dan SMP yang ikut berpartisipasi.

“Tahun ini SMA Negeri 1 Pangkalpinang dan SMP Negeri 2 Pangkalpinang juga ikut berkompetisi bersama siswa madrasah dalam KSM 2024. Kami berharap dengan adanya simulasi ini para peserta dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Sehingga mendapatkan hasil yang terbaik. Kita semua berharap pelaksanaan KSM 2024 dapat berjalan lancar dan sukses,” tuturnya.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. What i do not realize is in fact how you are no longer actually much more wellfavored than you might be right now Youre very intelligent You recognize thus considerably in relation to this topic made me in my view believe it from numerous numerous angles Its like men and women are not fascinated until it is one thing to do with Lady gaga Your own stuffs excellent All the time handle it up