Ketua KNPI Babel Sebut Jangan Ada Titipan

PANGKALPINANG-Perkaranews.com. Meski sudah dilakukan fit and propertest pada hari Rabu kemaren, hingga hari ini Jumat,(12/11) belum ada pengumuman resmi dari Komisi 1 DPRD Provinsi Babel atas nama-nama anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kepulauan Bangka Belitung (KPID Babel) terpilih periode 2021-2024 ke publik.

Namun dari ketujuh nama yang diputuskan dalam rapat pleno tersebut diberitakan terdapat 5 nama calon anggota KPID yang akan menduduki sebagai komisioner KPID Babel. Dari pemberitaan tersebut, terdengar isu bahwa ada anggota dewan bermain dan kesemua titipannya tersebut dikabarkan lolos dan ditetapkan sebagai anggota KPID terpilih.

Dari sumber yang didapatkan media ini menyebutkan jika kelima nama yang didukung “partai” tersebut meraih suara tertinggi dalam hasil scooring fit and propertest.

Hadirnya kabar tersebut mendapatkan perhatian khusus dari Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Bangka Belitung (KNPI Babel) Remil Yanus Salalima. Kepada awak media, Remil mempertanyakan ada apa dengan seleksi calon komisioner KPID Babel.

“Seharusnya, hasil fit and propertest KPID Babel harus proporsional, profesional, dan transparan kepada publik. Jangan sampai ada kata titip-titipan,” kata Remil. Jumat malam,(12/11)

Pernyataan tersebut disampaikan karena Ketua KNPI Babel juga mengetahui tentang adanya kabar titipan, baik dari partai atau anggota dewan. Ini bukan lagi rahasia umum dan seringkali terjadi.

“KPID inikan lembaga indipenden, walaupun yang memilih orang politik. Kalau mau nitip harus sesuai dengan keahliannya, jangan sampai nantinya KPID Babel ini diisi orang yang tidak paham tentang penyiaran tapi dipaksakan untuk masuk. Jika dipaksakan maka KPID BABEL regulator penyiaran tidak akan pernah bekerja secara profesional ,”tegasnya.

Untuk itu, Remil berharap kepada para politikus di Senayan Air Itam (Kantor DPRD Babel) bisa bijak dan profesional dalam memutuskan hasil yang terbaik bukan karena suka tidak suka tapi memilih orang-orang yang paham benar tentang penyiaran dan berpengalaman.

“Buat kawan-kawan di Senayan Air Itam, bijak dan profesional lah memilih orang yang paham dan jangan memaksakan kehendak partai atau lainya. Sehingga hasil KPID Babel belum diumumkan. Jadikan hasil rekomendasi Panitia Seleksi (Pansel) KPID BABEL sebagai rujukan utama,”pungkasnya.
Seperti diketahui, Hasil seleksi Pansel KPID BABEL Periode 2021-2024 yang diserahkan ke Komisi 1 DPRD BABEL memuat hasil scoring dan rekomendasi layak atau tidak layaknya dari calon-calon anggota KPID BABEL.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *