Pemprov Kep. Babel Libatkan Perguruan Tinggi Untuk Pembangunan Desa

PANGKALPINANG,PERKARANEWS – Untuk membantu tingkat ekonomi dan menunjang kualitas hidup masyarakat desa khususnya, Pemprov Kep. Babel mengajak Perguruan Tinggi di Provinsi Babel untuk bekerjasama membangun infrastruktur semua sektor dengan memanfaatkan potensi wilayah yang ada.

Hal ini menjadi bahasan Pj Gubernur Sugito saat melangsungkan Rapat Rencana Kerja Sama Pembinaan Desa Dengan Melibatkan Perguruan Tinggi Yang Berada Di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024 di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Kep. Babel, Senin, (14/10/2024)

“Banyak program perguruan tinggi yang bertujuan mengembangkan masyarakat yang ternyata juga in line atau selaras dengan program pembangunan pemerintah daerah,” ujar Sugito

Ia memaparkan, saat ini kita juga menghadapi situasi dimana di sisi lain seperti data kemiskinan, stunting, angka partisipasi pendidikan juga masih belum berprogres secara signifikan.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya lebih lanjut, rata-rata lama sekolah kita adalah 8,25 tahun. Artinya dalam kondisi pertumbuhan ekonomi saat ini, kita juga masih dihadapkan oleh berbagai masalah.

“Oleh karena itu, saya ingin mengajak semua pihak untuk bersama mengidentifikasi apa yang bisa kita lakukan untuk Bangka Belitung” tuturnya.

Menurut Sugito banyak yang bisa dilakukan. Misalnya dari aspek pendidikan, kita bisa bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dengan fokus mengedukasi dan memberdayakan masyarakat desa termasuk seluruh perangkat desa yang ada.

Sedangkan dilihat dari pola pikir atau mindset masyarakat, secara bersama harus kita ubah, hal ini disebabkan masih banyak yang berpikiran bahwa sekolah itu tidak terlalu penting karena pada akhirnya semua akan sama-sama mencari kerja.

“Memang tidak mudah tapi bukanlah tidak mungkin. Secara pentahelix, mari kita upayakan sinergi yang optimal dalam pembangunan masyarakat di Bangka Belitung ini,” pungkasnya.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *