Mengelola BUMN Rumah Belitung, PT Timah Diharapkan Terus Mendongkrak Kreativitas Bisnis UMKM

PANGKALPINANG,PERKARANEWS – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat penting dalam memperkuat ekosistem ekonomi lokal. Mengembangkan produk lokal dan memberdayakan usaha kecil merupakan bagian dari komitmen PT Timah untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

Sejak tahun 2000, PT Timah secara konsisten mendukung UMKM untuk tumbuh dan mandiri melalui program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK).

Program PUMK PT Timah memberikan dukungan permodalan, pendampingan, pembinaan, dan pendampingan dalam mempromosikan dan memasarkan produk UMKM di dalam wilayah operasional perusahaan.

Salah satu inisiatif PT Timah untuk mendukung promosi dan pembinaan UMKM adalah mengelola BUMN (Rumah Usaha Milik Negara) Belitung Rumah. Melalui BUMN Belitung Rumah diharapkan UMKM terus tumbuh dan mandiri sehingga mendorong perekonomian lokal.

Bacaan Lainnya

BUMN Rumah Belitung yang terletak di Jl Kemuning, Desa Parit, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, menjadi pilihan bagi wisatawan untuk membeli oleh-oleh lokal dari Belitung.

Sebagai pengelola Belitung Rumah BUMN, PT Timah terus menerus meningkatkan pelayanan di sana. Saat ini, ratusan produk UMKM dari berbagai mitra badan usaha milik negara dipasarkan di Belitung Rumah BUMN, termasuk kerajinan tangan, makanan, batik, dan banyak lagi.

PT Timah juga memfasilitasi UMKM untuk berpartisipasi dalam berbagai program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengembangkan produk dan memasuki pasar global.

Baru-baru ini, PT Timah mendukung pelatihan ‘Empowering Local Brands, Enhancing UMKM Competitiveness Based on Sustainability and Going Global’, yang diselenggarakan bekerjasama dengan berbagai BUMN lainnya.

I Gede Arimbawa Yasa, Direktur Eksekutif Forum Corporate Social and Environmental Responsibility (TJSL) Kementerian Badan Usaha Milik Negara, memuji komitmen PT Timah dalam mengelola BUMN Belitung Rumah.

Hal itu disampaikannya saat pembukaan workshop Pemberdayaan Merek Lokal, Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Keberlanjutan dan Going Global.

“PT Timah selaku pengelola Belitung Rumah BUMN, telah mengambil langkah positif untuk menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar dengan memberikan pelatihan untuk mendongkrak kreativitas bisnis,”ujarnya.

Dia menambahkan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mendorong pertumbuhan UMKM baru dan meningkatkan kreativitas yang sudah ada.

“Kami dari forum BUMN berharap PT Timah tetap konsisten dalam komitmen mendorong pertumbuhan UMKM baru melalui program Belitung Rumah BUMN”, sarannya.

“Kehadiran PT Timah dalam membina kreativitas UMKM diharapkan dapat mendukung pertumbuhan UMKM dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya. (Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *