Peduli Pelaku UMKM, Pemprov Babel Gelar Erpeka Festival 2024

PANGKALPINANG,PERKARANEWS – Selama empat hari, UPTD Rumah Produksi dan Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan pelayanan spesial kepada para pelaku UMKM berupa informasi dan konsultasi untuk meningkatkan kualitas produksi serta promosi produk lokal pelaku usaha UMKM melalui daya tarik kemasan.

Hal ini diutarakan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Safrizal ZA saat membuka acara Food and Fun Rumah Promosi dan Kemasan (Erpeka) Festival 2024 di Taman Wihelmina pada Kamis, (1/8/2024) malam.

“Dalam strategi bisnis manapun, packaging di samping branding, itu merupakan sarana promoting atau promosi yang paling bagus untuk meningkatkan nilai produk,” papar  Pj Gubernur Safrizal.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, ada UMKM yang sudah maju dalam mengemas produknya, tapi ada juga yang masih tradisional. UMKM yang sudah maju dapat mempertahankan kreatifitasnya, dan yang masih tradisional dapat mencoba untuk lebih meningkatkan kreatifitas packagingnya.

“Untuk saat ini packaging merupakan upaya bagi produk-produk rumahan dan usaha kecil agar bisa bersaing dengan produk-produk industri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pj Gubernur Safrizal mengatakan dengan adanya packaging tentu, produk dapat lebih terlindungi sekaligus dapat digunakan sebagai media promosi yang pastinya nanti mutunya naik, nilainya naik, lalu pendapatan naik.

“Orang juga gampang untuk suka, oleh karena itu hal ini harus dipromosikan sekaligus mengajak UMKM yang ada untuk ikut dan memperkenalkan produk yang ada,” tegasnya. 

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel, Tarmin  mengatakan acara ini untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha UMKM di tengah kondisi perekonomian yang saat ini belum stabil.

“Intinya, selain untuk  meningkatkan kualitas dan mutu dari produk hasil UMKM, kita juga ingin merangkul UMKM untuk mempromosikan produknya sekaligus dapat menjadi sumber pendapatan yang efektif,” harapnya.

Untuk itu, melalui Erpeka Festival 2024, Pemerintah Provinsi Kep. Babel memfasilitasi agar promosi dan kualitas produk pelaku usaha di Babel lebih berkembang lagi. Terutama memberikan bantuan pembuatan kemasan tanpa ada minimal pemesanan.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Komentar

  1. Magnificent beat I would like to apprentice while you amend your site how can i subscribe for a blog web site The account helped me a acceptable deal I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea

  2. I have been browsing online more than three hours today yet I never found any interesting article like yours It is pretty worth enough for me In my view if all website owners and bloggers made good content as you did the internet will be a lot more useful than ever before

  3. you are in reality a just right webmaster The site loading velocity is incredible It seems that you are doing any unique trick In addition The contents are masterwork you have performed a wonderful task on this topic

  4. Usually I do not read article on blogs however I would like to say that this writeup very compelled me to take a look at and do it Your writing style has been amazed me Thank you very nice article

  5. helloI really like your writing so a lot share we keep up a correspondence extra approximately your post on AOL I need an expert in this house to unravel my problem May be that is you Taking a look ahead to see you