Kades Tohari Ditahan Jaksa Diduga Terlibat Korupsi Dana Desa

SUNGAILIAT,PERKARANEWS – Kepala Desa Kemuja, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Tohari, resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri Bangka, pada Kamis (1/8/2024) atas dugaan keterlibatannya dalam kasus korupsi dana desa. Penahanan ini dilakukan setelah Tohari ditetapkan sebagai tersangka usai diperiksa oleh penyidik Kejaksaan Negeri Bangka.

Kasus ini mencuat setelah adanya laporan dari masyarakat dan penyelidikan dari Kejaksaan Negeri Bangka yang mengungkap adanya penyalahgunaan anggaran desa yang menyebabkan kerugian negara mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Bangka, W. Barnad, SH, MH, mengungkapkan bahwa Tohari ditetapkan menjadi tersangka dan langsung ditahan untuk mempermudah proses penyidikan lebih lanjut. “Tersangka telah kami tahan untuk mempermudah proses penyidikan dan mencegah kemungkinan melarikan diri atau menghilangkan barang bukti,” ujar Barnad dalam rilis yang diterima media online, Kamis malam (1/8/2024).

Bacaan Lainnya

Tohari disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) Jo, Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selain itu, Tohari juga disangkakan melanggar Pasal 3 Jo, Pasal 18 Undang-Undang yang sama. Adapun total kerugian negara sebesar Rp 261.000.000.

Kasus ini menjadi perhatian publik, mengingat dana desa seharusnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat setempat. Warga Desa Kemuja menyatakan kekecewaannya atas tindakan kepala desa yang tidak amanah dalam menjalankan tugasnya.

Pihak Kejaksaan berjanji akan menyelesaikan kasus ini dengan seadil-adilnya dan memastikan semua yang terlibat dalam tindak pidana korupsi ini akan mendapatkan hukuman sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Proses penyidikan dan persidangan selanjutnya akan terus dipantau oleh pihak berwenang dan masyarakat untuk memastikan transparansi dan keadilan.(Rony Christ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Fantastic site Lots of helpful information here I am sending it to some friends ans additionally sharing in delicious And of course thanks for your effort

  2. you are in reality a just right webmaster The site loading velocity is incredible It seems that you are doing any unique trick In addition The contents are masterwork you have performed a wonderful task on this topic

  3. helloI like your writing very so much proportion we keep up a correspondence extra approximately your post on AOL I need an expert in this space to unravel my problem May be that is you Taking a look forward to see you

  4. My enthusiasm for your creations is as high as my own. The painting you’ve presented is attractive, and the writing you’ve created is of a high caliber. Nevertheless, you appear distrustful of the prospect of embarking on a project that may be seen as suspicious. I know you’ll be able to deal with this issue in a timely manner.