Hadiri Matsama di TK Perwanida II dan RA Anisyah, Pengawas Madrasah Kemenag Pangkalpinang Sampaikan Ini

PANGKALPINANG,PERKARANEWS — Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Hj. Saharah, M.Pd., melakukan pendampingan dalam Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) atau dikenal juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di TK Perwanida II dan RA Anisyah pada Selasa (16/7/2024).

Hal ini dilakukan karena karakteristik utama dalam penerapan kebijakan Merdeka Belajar dalam satuan pendidikan adalah kolaborasi aktif antara guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, warga satuan pendidikan dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan belajar yang berpihak pada peserta didik dan sesuai arah tujuan profil pelajar Pancasila. Hal itu untuk mengakselerasi transformasi pendidikan yang menjadi tujuan merdeka belajar.

Hj. Saharah mengatakan bahwa peran pengawas sekolah dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar dilakukan melalui kegiatan pendampingan pada satuan pendidikan, dengan menekankan kepada diferensiasi kebutuhan masing-masing satuan pendidikan.

“Bagi satuan pendidikan yang belum mampu menerapkan kebijakan merdeka belajar secara menyeluruh, peran pendampingan pengawas sekolah juga dibutuhkan agar kepala sekolah mampu berperan aktif untuk mempercepat proses transformasi dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang dijalankan dapat mengakomodir setiap perbedaan dan perkembangan setiap peserta didik yang diajarkan,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dia juga berharap dalam proses pembelajaran nanti, para guru memiliki wawasan luas untuk bisa menghadirkan kreativitas dan inovasi sehingga anak-anak dapat mencerna ilmu pengetahuan dengan baik.

“Yang perlu kita ketahui tidak ada ketentuan anak-anak peserta didik baru harus bisa membaca, menulis, dan berhitung. Mereka hanya cukup mengenal dan mengetahui bukan menguasai,” ujarnya.

Terakhir dia berharap agar Matsama ini dapat berjalan dengan lancar dan anak-anak peserta didik dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya sehingga dapat memulai pembelajaran dengan penuh semangat.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *