Polman Babel Gelar Diskusi Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah

SUNGAILIAT,PERKARANEWS — Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) telah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah di gedung Aula Polman Babel, Kamis (7/3/2024).

Diskusi ini merupakan langkah Polman Babel dalam menggali pengembangan potensi daerah di Provinsi Bangka Belitung melalui kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV), Sekolah Vokasi seperti SMK dan juga Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Hadir sebagai narasumber dalam FGD dari Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diantarnya Bappeda, Dinas Pendidikan, Disperindag, Diskertrans, DMPTSP dan BPS serta perwakilan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Babel.

Selain itu, Polman Babel mengundang Akademi Komunitas Dharma Bhakti Bangka, beberapa Sekolah Menengah Kejuruan serta beberapa asosiasi-asosiasi atau perhimpunan di Babel, dunia usaha dunia industri.

Bacaan Lainnya

Polman Babel bersama stakeholder tersebut menggali potensi daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai bahan untuk mempersiapkan lulusan siap kerja dari pendidikan vokasi seperti Polman Babel dan SMK yang sesuai dengan kebutuhan industri dan daerah.

Materi diskusi membahas isu–isu yang menjadi potensi unggul daerah Kepulauan Bangka Belitung dan keterkaitannya terhadap kebutuhan tenaga kerja produktif.

Direktur Polman Negeri Babel, I Made Andik Setiawan, M.Eng., Ph.D menyambut dengan baik kehadiran dari perwakilan Pemerintah Daerah sebagai narasumber, Kadin, Dudi dan asiosiasi dan SMK ke Polman Babel untuk membahas kebutuhan daerah terhadap sumber daya manusia yang kompeten.

“Terima kasih kepada tamu undangan yang hadir ke kampus kami Polman Babel, hari ini kita berkumpul dan berdiskusi bersama karena paradigma kita sudah berubah, sekarang ini adalah zaman untuk berkolaborasi sehingga kita memerlukan satu sama lain dan saling berdiskusi,“ ujar Made dalam sambutannya.

Made juga menjelaskan Polman Babel adalah perguruan tinggi negeri adalah miliki negara, milik masyarakat dan milik kita semua, jadi sangat disayangkan jika fasilitas yang ada tidak kita manfaatkan untuk kemanfaatan bagi bangsa dan negara terutama untuk daerah Bangka Belitung.

Ia melanjutkan tugas dan fungsi Polman Babel dalam hal ini pada Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dibidang pendidikan untuk menyiapkan SDM atau penerus bangsa, dibidang penelitian dalam rangka untuk pengembangan ilmu sesuai dengan perkembangan zaman, ketiga pengabdian kepada masyarakat artinya ilmu yang dikembangkan harus bermanfaat kepada masyarakat.

”Tugas kita adalah pengembangan ilmu, tapi pertanyaannya adalah ilmu apa yang harus kami kembangkan sesuai dengan potensi daerah dan bisa menyelesaikan masalah-masalah di daerahnya,“ ujar Made.

“Kami mengajak dan berkumpul untuk mendengarkan apa yang harus kita lakukan, yang bapak ibu inginkan dan potensi daerah yang akan kita kembangkan bersama-sama, masukan sangat bermanfaat bagi kita semua,“ lanjutnya.

Sementara itu, Dr. Andy Yusfany, S.E., M.Si selaku Kabid Ekonomi Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya mengapresiasi kepada Polman Babel yang bisa memfasilitasi kegiatan diskusi seperti ini dalam rangka mencari solusi terhadap kemajuan pendidikan vokasi ke depan.

“Terima kasih kepada Polman Babel telah memfasilitasi kegiatan seperti ini dengan petunjuk dari program kementerian, seharusnya pemerintah daerah juga melaksanakan kegiatan kolaborasi seperti ini,“ ujar Andy.

Ia mengatakan Bangka Belitung 80 persen wilayahnya laut, ternyata potensi kita ada di laut maka untuk kebijakan pembangunan wilayah Bangka Belitung termasuk kawasan pengembangan ekonomi biru sesuai dengan kondisi wilayah kita yang isinya laut, pesisir dan pulau-pulau kecil.

“Ketika kita membahas ekonomi biru, maka kegiatan ekonomi yang menggunakan, mengambil, memanfaatkan dari sumber daya laut dan pesisir, jadi bisa terbayangkan kita butuh SDM apa,“ ujar Andy.

Menurut Andy mulai tahun 2025 sampai 2045 kita bisa mempersiapkan SDM misalnya untuk perakitan kapal, pengolahan hasil perikanan, dan mineralnya juga ada dilaut serta dibidang pariwisata.

Tantangan Bangka Belitung kedepan bagaimana menciptakan SDM dari pendidikan vokasi yang sesuai dengan output dan kebutuhan dengan dunia usaha dunia industri.

Lanjutnya, Bappeda telah memfasilitasi pembentukan Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari perangkat daerah, kadin, perguruan tinggi vokasi dan sekolah vokasi yang akan menjadi ekosistem kemitraan dalam mempersiapkan SDM di pendidikan vokasi.

Koordinator tim peneliti Polman Babel dalam program penguatan ekosistem untuk pengembangan inovasi berbasis potensi daerah Babel, Irwan. M.Sc., Ph.D memaparkan progres pelaksanaan program yang telah dilakukan tim Polman Babel bekerjasama juga dengan Polsri di wilayah Sumatera Selatan.

Ia menjelaskan program ini adalah program riset yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek melalui pendanaan LPDP dengan grand design riset pengembangan inovasi di daerah dalam kurun waktu tiga tahun yang mengacu pada potensi dan keunggulan, serta agenda prioritas pembangunan daerah.

“Ini merupakan tahun pertama kami melakukan riset yang dimulai bulan November lalu, keberlangsungan program ini tergantung dari hasil nanti di tahun pertama ini,“ kata Irwan.

Adapun tujuan dari program yang dilaksanakan ini, Irwan mengatakan untuk menyinergikan kemitraan dan penyelasaran antara satuan pendidikan vokasi dan pemangku kepentigan di daerah.

Selanjutnya dapat menghasilkan policy brief berdasarkan workforce planning dan innovation planning guna menghasilkan klaster inovasi berbasis potensi atau kebutuhan daerah.

“Langkah pertama ini kami melakukan pemetaan potensi dan kebutuhan daerah dari stakeholder melalui data-data dan masukkan dari diskusi seperti ini, “ lanjutnya.

Irwan berharap kegiatan diskusi ini menjawabkan kebutuhan–kebutuhan data dan informasi mengenai keadaan Bangka Belitung sehingga tim akan lebih tepat mengolah dan menganalisa keadaan Bangka Belitung dan kebutuhan tenaga kerja yang dipersiapkan dari lulusan pendidikan vokasi. (Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

47 Komentar

  1. Hey There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article. I’ll make sure to bookmark it and come back to read more of your useful information. Thanks for the post. I will certainly comeback.

  2. You can definitely see your enthusiasm in the paintings you write. The arena hopes for even more passionate writers like you who are not afraid to say how they believe. Always follow your heart. “A second wife is hateful to the children of the first a viper is not more hateful.” by Euripides.

  3. I have been surfing online more than 3 hours as of late, but I by no means discovered any interesting article like yours. It is lovely value enough for me. Personally, if all webmasters and bloggers made excellent content material as you did, the net can be much more useful than ever before.

  4. Thanks for sharing excellent informations. Your web-site is very cool. I am impressed by the details that you’ve on this web site. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this web page, will come back for extra articles. You, my pal, ROCK! I found simply the information I already searched everywhere and simply couldn’t come across. What a perfect web-site.

  5. I was recommended this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You’re wonderful! Thanks!

  6. Hmm it seems like your site ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to everything. Do you have any tips and hints for novice blog writers? I’d certainly appreciate it.

  7. Great V I should definitely pronounce, impressed with your site. I had no trouble navigating through all tabs and related information ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it in the least. Quite unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, website theme . a tones way for your customer to communicate. Excellent task..

  8. Great goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just too magnificent. I really like what you have acquired here, really like what you are saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it wise. I can not wait to read much more from you. This is really a terrific site.

  9. Its fantastic as your other content : D, thanks for posting. “A gift in season is a double favor to the needy.” by Publilius Syrus.

  10. What Is FitSpresso? FitSpresso is a natural weight loss supplement that alters the biological cycle of the body to burn more calories and attain a slim and healthy body

  11. I have been surfing online greater than 3 hours these days, but I by no means discovered any fascinating article like yours. It’s beautiful price sufficient for me. In my opinion, if all site owners and bloggers made just right content material as you did, the internet might be much more useful than ever before. “Oh, that way madness lies let me shun that.” by William Shakespeare.

  12. Very interesting points you have mentioned, appreciate it for putting up. “In a great romance, each person plays a part the other really likes.” by Elizabeth Ashley.

  13. This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your fantastic post. Also, I’ve shared your site in my social networks!

  14. Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

  15. Very interesting information!Perfect just what I was looking for! “The only limit to our realization of tomorrow will be our doubts about reality.” by Franklin Delano Roosevelt.

  16. I would like to thnkx for the efforts you have put in writing this blog. I am hoping the same high-grade blog post from you in the upcoming as well. In fact your creative writing abilities has inspired me to get my own blog now. Really the blogging is spreading its wings quickly. Your write up is a good example of it.

  17. I do love the way you have framed this particular situation and it does provide us some fodder for thought. However, because of everything that I have experienced, I basically trust as the commentary pile on that men and women continue to be on point and don’t embark upon a tirade regarding the news of the day. All the same, thank you for this superb piece and though I can not necessarily go along with it in totality, I respect your viewpoint.

  18. After study a few of the blog posts on your website now, and I truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Pls check out my web site as well and let me know what you think.

  19. I am commenting to let you understand of the useful encounter our daughter developed browsing your web page. She discovered a good number of details, most notably how it is like to possess a marvelous teaching mindset to get the mediocre ones with no trouble gain knowledge of selected tortuous subject areas. You truly exceeded readers’ expectations. I appreciate you for displaying those beneficial, safe, informative and as well as fun tips on the topic to Jane.

  20. Thanks for another fantastic article. Where else could anyone get that kind of info in such an ideal way of writing? I’ve a presentation next week, and I’m on the look for such info.

  21. You could definitely see your expertise within the work you write. The arena hopes for more passionate writers such as you who aren’t afraid to mention how they believe. Always go after your heart. “A second wife is hateful to the children of the first a viper is not more hateful.” by Euripides.

  22. I am extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it is rare to see a great blog like this one today..

  23. This web site is really a walk-through for all of the info you wanted about this and didn’t know who to ask. Glimpse here, and you’ll definitely discover it.

  24. Greetings! Very helpful advice on this article! It is the little changes that make the biggest changes. Thanks a lot for sharing!