Pj Bupati Haris : Pemusnahan Barang Tindak Pidana Umum, Bukti Komitmen Menghindari Penyalahgunaan

SUNGAILIAT,PERKARANEWS — Pemerintah Kabupaten Bangka (Pemkab Bangka) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka melakukan pemusnahan barang bukti hasil tindak pidana umum yang telah berkekuatan hukum tetap dengan amar putusan dirampas untuk dimusnahkan, Selasa (5/3/2024) di Halaman Kejari Bangka.

Pemusnahan barang bukti sebagai bentuk konkret jajaran untuk menghindari penyalahgunaan barang sitaan dari hal yang tidak diinginkan.

Demikian dikatakan Penjabat (Pj) Bupati Bangka, M. Haris AR, AP, M.H, saat diwawancarai pada kegiatan pemusnahan barang bukti hasil tindak pidana umum yang telah berkekuatan hukum tetap dengan amar putusan dirampas untuk dimusnahkan.

“Ini membuktikan komitmen aparat penegak umum terutama kejaksaan negeri memastikan barang bukti itu dimusnahkan dan tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang mengambil kesempatan,” imbuh Haris.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka, Futin Helena Lauli, SH MH, membeberkan sejumlah barang bukti yang akan dimusnahkan.

Ia menjelaskan, terhitung sejak November 2023 lalu seluruh barang bukti yang terkumpul kemudian dilakukan pemusnahan pada hari ini.

“Narkotika 58 perkara, umum lainnya ada 20 perkara. kita laksanakan sesuai SOP, yang barang bukti ini dirampas untuk dimusnahkan. Dari sejak November 2023 sampai hari ini,” tukasnya.

Ia memastikan semua barang bukti tidak dapat digunakan kembali oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. “Bisa dipastikan ini tidak bisa lagi digunakan,” pungkasnya. (Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *