Kerjasama Penelitian Pengembangan Inovasi dan Teknologi Polman Negeri Babel dengan BAPELITBANGDA

BANGKA SELATAN,PERKARANEWS – Ketua Jurusan Teknis Mesin Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung Pristiansyah,M.Eng. menyerahkan Mesin Teknologi Tepat Guna kepada kantor BAPELITBANGDA Kabupaten Bangka Selatan, kegiatan ini berlangsung di gedung pertemuan, pada Selasa (12/12/2023), sebagai upaya mendukung perkembangan khususnya dalam sektor pertanian.

Turut hadir dalam acara ini kepala kantor BAPELITBANGDA Ir.Herman,Sp.,M.Eng, Penyuluh Pertanian Yuliani, para kelompok tani dan warga Tanjung Batu, yang menyambut positif langkah pemerintah daerah dan Polman Babel dalam mendukung kemajuan sektor pertanian.

Dalam wawancara yang diberikan, Pristiansyah.,M.Eng. mengatakan bahwa penyerahkan Mesin Teknologi Tepat Guna yang sudah bekerjasama BAPETLITBANGDA digunakan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi para petani, kami melihat bahwa luas lahan pertanian sawah di Kabupaten Bangka Selatan Tanjung Batu 2 memang cukup besar kurang lebih 607 hektare sekaligus ada juga perkebunan ubi, oleh sebab itu bantuan yang diberikan saat ini mungkin belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan seluruh petani di wilayah ini. Namun, mesin pertanian yang telah diserahkan diharapkan dapat memberikan dampak positif dan menginspirasi petani untuk mengembangkan usaha mereka,” jelas Pristiansyah.

Bacaan Lainnya

“Dengan alat dan mesin pertanian yang diserahkan, seperti mesin penabur pupuk dan mesin pencabut ubi, kami berharap petani dapat mengoptimalkan usaha mereka dan menghasilkan hasil panen yang lebih baik,” ucapnya.

Sedangkan ditempat yang sama, Tim Dosen Polman, Boy Rollastin.,M.T. menyatakan bahwa bantuan ini bisa menjadi unit usaha masyarakat, baik melalui kelompok Tani (GAPOKTAN) atau kelompok lainnya. Tujuannya adalah agar alat pertanian tidak hanya digunakan oleh masyarakat setempat, tetapi juga dapat memberikan manfaat ekonomi lebih luas. Dengan adanya bantuan ini, para petani diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan pertanian. Kolaborasi antara petani dan pelaku pasar diharapkan akan membangun hubungan yang positif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal,” imbuhnya.

Hal demikian, Kepala Kantor Ir.Herman, Sp.,M.Eng, mengapresiasi kerjasama dengan kampus Polman Babel dalam mendukung masyarakat Bangka Selatan khususnya para petani sawah maupun ubi dalam hal pentingnya tata kelola yang baik dalam menjaga dan memanfaatkan mesin pertanian yang diberikan,” katanya.

“Ia juga menegaskan bahwa alat pertanian ini bisa dikelola oleh siapa saja, termasuk masyarakat di luar Kabupaten Bangka Selatan, asalkan dalam kerangka tata kelola bisnis yang baik dan bantuan ini bukan hanya sekedar mesin pertanian, tetapi juga harapan untuk pertumbuhan berkelanjutan dalam sektor pertanian,” ungkapnya.

Sementara, Kabid Penelitian dan Pengembangan Achmad Affandi, berkomentar bahwa kami sangat berterimakasih atas tim TTG Polman Babel, yang selalu bekerjama di sektor pertanian, hal ini para petani kami akan lebih mudah lagi mendapatkan hasil produksi yang memuaskan, sebelumnya dari mengunakan tenaga manual ke teknologi yang modern,” tegasnya. (Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *