Kadis Sosial PMD, Budi Utama : Hidupkan dan Kembangkan BUMDESa Dengan Optimal

PANGKALPINANG, PerkaraNews.com – Kepala dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa provinsi kepulauan bangka belitung, Budi Utama berpesan dan meminta kepada pengelola BUMDESa dan Kepala Desa se kabupaten bangka barat untuk mengembangkan dan mengelola badan usaha milik desa atau selanjutnya disebut BUMDESa dengan optimal.

“ saya (Kadin Budi Utama) minta kepada Bapak/Ibu selaku pengelola BUMDesa dan semua kepala desa untuk menghidupkan dan mengembangkan BUMDEsa dengan serius dan optimal”, pesan Kadin Budi Utama saat memberikan sambutan pengarahannya pada kegiatan sosialiasi berkenaan Instruksi Gubernur No. 5 tahun 2021 tentang standar minimal pelaporan keuangan BUMDesa dan BUMDesma se provinsi kepulauan bangka belitung yang diselenggarakan di ruang pertemuan MAHLIGAI RUMDIN Gubernur pada hari ini rabu (06/10).

Dalam kesempatan tersebut, terdapat tiga hal yang menjadi sorotan Kadin Budi Utama terkait dengan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDESa/BUMDESMA) untuk dilakukan penataan dan perbaikan dalam upaya memberikan penguatan BUMDESA/BUMDESA sebagai badan usaha untuk maju sehingga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat desa dan pendapatan asli desa khususnya.

Pertama, berkenaa dengan penyusunan laporan pertanggungjawabann keuangan BUMDesa,dimana Kadin Budi Utama berpesan agar pengelola BUMDesa dan Kepala Desa selaku penasehat BUMDesa untuk menyusun laporan setiap pelaksanaan kegiatan usaha BUMDesa.

Bacaan Lainnya

“ dari hasil pertemuan hari ini, saya minta pengelola BUMdesa dan Kepala Desa segera buat laporan keuangan BUMDesa,saya mohon agar diperhatikan”, ungkap Budi Utama.

Kedua, Kadin Budi Utama memberikan pengarahan dan meminta agar pengelola dan pengembangan BUMdesa mengedepankan prinsip-prinsip entrepreneurship (kewirausahaan)

“ Pengelola BUMDesa harus creative dan harus memiliki jiwa entrepreneurship, bisa memanfaatkan peluang pasar” pesan Budi Utama.

Ketiga, pentingnya pengelola BUMDesa untuk selalu melakukan riset/survei pasar. “ bapak/ibu (pengelola BUMDESa) saya minta lakukan survei pasar guna mengetahui tanggapan konsumen atas barang yang banyak diminati/dibutuhkan masyarakat untuk dijadikan sebagai rekomendasi barang/jasa yang dijual oleh Bumdes/BUMDESMa”, ungkap Budi Utama.

Lebih jauh pada kesempatan tersebut Kadin Budi Utama juga meminta kepada dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa pemerintah kabupaten untuk selalu membina, memantau pengelolaan usaha yang dilakukan oleh BUMDesa. Diakhir sambutan pengarahannya, Kadin Budi Utama juga menyampaikan apresiasinya kepada badan usaha milik desa di wilayah kabupaten bangka barat yang telah berhasil mengembangkan dan mengelola unit usaha BUMDesa.

“ Saya sampaikan apresiasi atas empat bumdesa di kabupaten bangka barat yang pengelolaan usahanya sangat baik” tegas Budi Utama.
(R5/RLS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *