Nilai IPS Bateng Terus Meningkat, Plt. Bupati Ajak Bertransformasi Melalui Data

PANGKALPINANG,PERKARANEWS – Plt. Bupati Bangka Tengah, Era Susanto, terima kunjungan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Tengah (Bateng), Budi Siswandi, di ruang kerjanya pada Selasa (22/10/2024).

Kunjungan Kepala BPS Bateng kali ini untuk menyampaikan laporan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS). Penilaian EPSS telah dilaksanakan pada April hingga Juni 2024 yang lalu melalui berbagai tahapan, mencakup tahapan penilaian mandiri, penilaian dokumen, penilaian interviu, serta penilaian visitasi dengan cakupan penilaian meliputi 5 domain, 19 aspek, dan 48 indikator.

Berdasarkan hasil EPSS, nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemkab Bateng Tahun 2024 adalah 2.71 dengan predikat ‘baik’. Hal ini membuktikan IPS Pemkab Bateng mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang memperoleh nilai 1.87 dengan predikat “cukup”.

Era Susanto mengapresiasi kinerja beberapa OPD terkait dengan pencapaian ini, khususnya Diskominfosta yang menjadi leading sector penyelenggaraan statistik sektoral di Pemkab Bateng.

Bacaan Lainnya

“Dengan predikat ‘baik’ ini membuktikan penyelenggaraan statistik sektoral di Pemkab Bateng sudah berjalan walaupun belum maksimal. Tentunya predikat baik saja belum cukup, kita harus berbenah dan berupaya untuk mencapai target tertinggi hingga predikat memuaskan,” ujar Era.

Dirinya juga mengatakan pentingnya penyelenggaraan statistik sektoral untuk pembangunan di Kabupaten Bateng.

“Saya ingin menekankan bahwa penyelenggaraan statistik sektoral di Pemkab Bateng sangatlah krusial untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Data yang akurat dan tepat waktu menjadi landasan bagi pengambilan keputusan yang efektif. Melalui statistik sektoral, kita dapat memahami kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan di daerah kita sehingga dapat merumuskan kebijakan yang lebih tepat sasaran. Oleh karena itu, saya mendorong semua sektor untuk berkolaborasi dalam pengumpulan dan pengolahan data, agar kita bersama-sama dapat mewujudkan pembangunan Kabupaten Bangka Tengah yang lebih baik, unggul, dan berdaya saing,” tutur Era.

Sementara itu, Budi mengatakan tujuan EPSS adalah untuk memberikan saran perbaikan dan rekomendasi dalam penyelenggaraan statistik sektoral di lingkungan Pemkab Bateng.

“Adanya EPSS ini untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik di lingkungan Pemkab Bateng,” kata Budi.

Budi juga berpesan agar OPD di lingkungan Pemkab Bateng bisa mewujudkan standarisasi data agar data yang dihasilkan mempunyai kualitas yang sama.

“Kami berharap sinergi baik ini selalu terjalin. Semoga target kita untuk mengembangkan Sistem Statistik Nasional bisa tercapai,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Sekretaris Bappelitbangda Bateng dan Kepala Bidang Statistik Diskominfosta Bateng.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar