Kemenag Pangkalpinang Melalalui Seksi Penmad Kemenag Pangkalpinang, Tinjau Pelaksanaan KSM 2024

PANGKALPINANG,PERKARANEWS — Hari pertama pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024 di MTs Negeri 1 Pangkalpinang diikuti peserta tingkat Madrasah Aliyah (MA) pada Senin (1/7/2024).

Kegiatan tersebut terbagi menjadi 3 sesi. Mata pelajaran yang diujikan pada KSM tingkat MA sendiri terdiri dari mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, Geografi, Kimia, serta Ekonomi.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Patrisila, S.Pd., SD., staf Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Pangkalpinang mengatakan bahwa pada sesi 1 terdapat 1 (satu) peserta yang tidak hadir karena mengundurkan diri. Selain itu peserta dari SMA Negeri 1 Pangkalpinang ikut berkompetisi pada mata pelajaran biologi.

Bacaan Lainnya

Pada kegiatan tersebut Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Abdul Halim, S.H.I., M.H., meninjau langsung pelaksanaan KSM Tahun 2024. Dia menerangkan bahwa pelaksanaan KSM ini diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang cerdas, berprestasi dan mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi berbekal ilmu sains dan teknologi. Dia juga mengatakan bahwa subtema KSM 2024 diintegrasikan melalui soal-soal seperti sains terintegrasi keislaman, sains terintegrasi budaya dan sains murni.

“Diharapkan subtema ini memotivasi siswa Madrasah mempelajari sains secara komprehensif, tidak hanya dari sisi ilmu pengetahuan, tetapi dari segi nilai agama dan budaya,” paparnya.

Dengan mengusung tagline baru Madrasah “Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia” bahwa pelaksanaan KSM tahun 2024 ini mempunyai beberapa distingsi, diantaranya adalah kompetisi yang bersifat merit-based yaitu menjadikan kualifikasi dan kompetensi peserta sebagai pertimbangan penilaian. Selain itu, KSM 2024 menambahkan kompetisi beregu di mana penekanan diberikan pada kerja-kerja kolaborasi yang merupakan hal penting dalam kegiatan saintifik di Abad 21.

Abdul Halim berpesan kepada siswa peserta KSM agar semangat, jujur dan menjunjung tinggi sportifitas, sementara pesan untuk guru pendamping agar siswa peserta dibimbing dengan baik dan maksimal.

“Semoga KSM tahun ini berjalan lancar dan sukses, sehingga melahirkan generasi muda yang cerdas, berprestasi dan mampu mengharumkan bangsa dan negara,” ujarnya.(Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *