H. Firmantasi Apresiasi FKUB Pangkalpinang Go To School

PANGKALPINANG,PERKARANEWS — Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pangkalpinang sukses menjalankan perannya dalam membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan, melalui keberhasilan berbagai program yang dilaksanakan pada tahun 2023 lalu.

Sebagai organisasi yang bergerak di bidang pembinaan dan pengembangan kerukunan umat beragama di Kota Beribu Senyuman yang merupakan Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan karakteristik masyarakat yang heterogen, baik dari segi suku, budaya dan agama, FKUB Pangkalpinang telah berhasil merumuskan langkah-langkah strategis dan melaksanakan program-program yang memberikan kontribusi positif dalam bidangnya. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya angka indeks kerukunan umat beragama di Kota Pangkalpinang setiap tahunnya.

Dalam rapat kerja yang digelar di Sekretariat FKUB Pangkalpinang, Sabtu (2/2/2024), selain melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program di tahun 2023, para pengurus juga membahas beberapa program yang akan dilaksanakan di tahun 2024 ini.

“Beberapa program yang terbukti berhasil dan memberikan dampak signifikan terhadap terciptanya kerukunan antar umat beragama, akan tetap dilaksanakan dengan intensitas yang lebih besar lagi,” ungkap Drs. Kholil Mahfudz, Ketua FKUB Kota Pangkalpinang.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, beberapa program dan kegiatan yang akan digelar di tahun ini antara lain; sosialisasi moderasi beragama, kemah pemuda lintas agama, dialog publik tokoh agama masyarakat, rapat koordinasi, kaji terap kerukunan dan FKUB Go To School.

“Dalam pelaksanaan seluruh kegiatan pun, FKUB Pangkalpinang terus bersinergi dengan stakeholder dan instansi terkait lainnya, terutama Badan Kesbangpol dan Kementerian Agama Kota Pangkalpinang agar output yang dihasilkan dapat lebih optimal,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, keberhasilan FKUB Kota Pangkalpinang ini juga menjadi rujukan bagi FKUB Kota/Kabupaten lainnya di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hal ini terlihat dengan seringnya FKUB Pangkalpinang menerima kunjungan kaji terap dari pengurus FKUB daerah lainnya.

Terkait hal ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi, S.Ag., M.H., yang dihubungi, pada Senin (5/2/2024) pun mengapresiasi keaktifan dan langkah-langkah yang dilakukan FKUB Pangkalpinang dalam membina kerukunan umat beragama di Kota Pangkalpinang.

“Kemenag Kota Pangkalpinang juga terus memberikan support terhadap seluruh program yang dilaksanakan FKUB Pangkalpinang dengan terus mengucurkan bantuan operasional setiap tahunnya kepada lembaga tersebut,” ungkap Pria yang juga menjabat sebagai Penasehat FKUB Kota Pangkalpinang tersebut.

Beliau pun berharap FKUB Kota Pangkalpinang dapat terus konsisten dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, serta sejalan dengan program-program yang dicanangkan Pemerintah Daerah maupun Kementerian Agama, terutama untuk waktu dekat ini, sesuai dengan amanat Rakernas Kemenag RI, yakni berpartisipasi dalam upaya merajut kerukunan umat pasca Pemilu nanti. (Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Hey, cool post You can check if there’s a problem with your website with Internet Explorer. Because of this issue, many readers will overlook your excellent writing because IE is still the most popular browser.