Bantu Pelaku UMKM Polman Babel Buat Mesin Perajang

SUNGAILIAT,PERKARANEWS – Dosen Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) membuat mesin perajang singkong dan pisang untuk membantu pengusaha Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).

Dosen bernama Zaldy Kurniawan.,M.T dibantu dosen Dr. Ilham Ary Wahyudie.,M.T. berhasil membuat karya ini guna mendukung pengusaha kerajinan makanan khas Bangka.

Zaldy Kurniawan yang juga ketua tim, mengaku merasa senang dapat membantu di bidang kewirausahaan mandiri UMKM.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini dilakukan agar dapat membantu masyarakat, khususnya kelompok usaha makanan khas Bangka yang mengalami kendala diproses produksi. Sebagai contoh yang dialami kelompok usaha pengrajin pisang dan singkong dikelola oleh sayuti di yang berlokasi di Jalan Bukit Ubi Lingkungan Air Kenanga, Sungailiat, Bangka telah mendapat perhatian khusus dari tim pengabdian kepada masyarakat Polman Babel. Salah satu solusi dari permasalahan kelebihan pengoperasian yang sederhana dalam mengolah pisang dan singkong,“ kata Zaldy saat ditemui dirumahnya, Rabu (13/12/2023).

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan hasil survei saat dirinya bersama tim ke lokasi kelompok usaha makanan, terdapat beberapa permasalahan yang mereka hadapi.

“Akibat terbatasnya mesin penggiling di pasar, mereka harus antrisedangkan target produksi harus cepat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Zaldy Kurniawan salah satu dosen di Polman Babel yang intens memberikan bimbingan teknis kepada pengrajin tersebut.

“Ia menjelaskan, dengan diberikan mesin perajang pisang dan singkong, kami berharap dapat meningkatkan kapasitas produksi yang sebelumnya dalam pengolahannya menggunakan cara manual,” imbuhnya.

Ditengah acara penyerahan mesin perajang pisang dan singkong yang dibuat khusus untuk UMKM tersebut, dalam kesempatan tersebut Sayuti mengucapkan rasa syukur atas kehadiran tim Polman Babel dalam membantu permasalahan teknis yang selama ini belum terselesaikan.

“Terima kasih atas segala perhatian dan bantuan dari Bapak Zaldy Kurniawan dan tim Polman Babel. Semoga segala upaya yang telah dilakukan menjadikan usaha kami semakin produktif dan lebih maju,” ungkap Sayuti dengan penuh haru. (Yuko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

36 Komentar